Kamis, 13 Januari 2011

INI LHO TUGASNYA BU GURU PAI

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
SMA TUNAS BAKTI
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

I. Identitas
Satuan Pendidikan : SMA Tunas Bakti
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Kelas/Semester : X / 1
Alokasi Waktu : 1x45 menit (1x pertemuan)

II. Standar Kompetensi
Memahami tata krama terhadap makhluk Allah
III. Kompetensi dasar
1. Menjelaskan sikap tata krama terhadap makhluk Allah
2. Menyebutkan satu hadis tentang sikap tata krama terhadap makhluk Allah
3. Menyebutkan contoh-contoh tata krama terhadap makhluk Allah
4. Membiasakan perilaku tata krama terhadap makhluk Allah dalam kehidupan sehari-hari
IV. Indikator
1. Menjelaskan sikap tata krama terhadap makhluk Allah
2. Mendiskusikan hadits tentang tata krama terhadap makhluk Allah
3. Menyebutkan beberapa contoh dari sikap tata krama terhadap makhluk Allah dalam kehidupan sehari-hari
V. Tujuan Pembelajaran
a. Siswa mampu menjelaskan sikap tata krama terhadap makhluk Allah
b. Siswa mamu menguraikan isi kandungan hadis tentang tata krama terhadap makhluk Allah
c. Siswa mampu menyebutkan beberapa contoh dari sikap tata krama terhadap makhluk Allah
d. Siswa mampu membiasakan diri dalam bertata krama terhadap makhluk Allah


VI. Materi Ajar
TATA KRAMA TERHADAP MAKHLUK ALLAH
Agama Islam adalah rahmat Allah untuk semesta alam yang artinya rahmat tersebut bukan hanya untuk manusia saja, tetapi juga untuk makhluk hidup selain manusia yaitu alam dan lingkungan hidup. Sikap muslim yang benar terhadap makhluk hidup selain manusia anatara akhlak baik terhadap lingkungan, terhadap tumbuh-tumbuhan, terhadap binatang dan makhluk gaib.
1. Akhlak terhadap lingkungan hidup
Berakhlak kepada linkungan hidup adalah menjalin dan mengembangkan hubungan yang harmonis dengan alam sekitar. Memakmurkan alam adalah mengolah sumber daya yang berada di alam sehingga dapat member manfaat bagi kesejahteraan manusia tanpa merugikan alam itu sendiri. Allah menyediakan bumi yang subur ini untuk diolah oleh manusia dengan kerja keras dan dipelihara sehingga mampu melahirkan nilai yang tinggi.
Namun kerusakan alam dan ekosistem di lautan dan daratan terjadi akibat manusia tidak menyadari sifatnya yang sombong, egois, rakus dan angkuh yang merupakan bentuk akhlak terhadap lingkungan yang sangat buruk dan tidak terpuji.
Perhatikan firman Allah SWT.

        ••       

Artinya : “Telah tampak kerusakan di darat dan di lait disebabkan karena perbuatan manusia; Allah menghendaki agar mereka merasakan sebagian dari (akibat) perbuata mereka, agar mereka kembali (ke jalan yang benar). (QS. Ar-Rum/30 : 41)


2. Akhlak terhadap tumbuh-tumbuhan
Diantara anugerah Allah kepada manusia adalah diciptakanNya tumbuhan-tumbuhan. Sebagian besar makanan manusia berasal dari tumbuh-tumbuhan. Demikian juga makanan binatang-binatang ternak, sebagian besar adalah tumbuhan-tumbuhan yang bermacam-macam jenisnya. Perhatikan firman Allah SWT.
Artinya: “(Tuhan) yang telah menjadikan bumi sebagai hamparan bagimu dan menjadikan jalan-jalan atasnya bagimu, dan yang menurunkan air (hujan) dari langit.” Kemudian Kami tumbuhkan dengannya (air hujan itu) berjenis-jenis aneka macam tumbuh-tumbuhan”.
3. Akhlak terhadap Binatang
Binatang ternak atau peliharaan atau binatang apa pun jenisnya yang dipelihara perlu sayang. Cara menyayangi binatang peliharaan antara lain dengan memberinya makanan, menyediakan tempat (kandang) yang wajar, memellihara kebersihannya, menjaga kesehatannya bahkan kalau mungkin menngobatinya apabila sakit.
Selain itu pula binatang ternak pun perlu diperlakukan dengan baik ketika kita akan menyembelihnya agar binatang tersebut tidak tersiksa.
Rasulullah bersabda sebagai berikut:
Artinya : “Dari Saddad Ibn Aus berkata dari Rasulullah saw. Bersabda : sesungguhnya Allah mewajibkan berlaku baik atas segala sesuatu, maka apabila kamu membunuh (hewan) hendaklah membunuh dengan baik dan apabila kamu menyembelih maka sembelihlah dengan baik, dan hendaklah kamu menajamkan pisaumu dan hendaklah binatang sembelihan itu disenangkan (dengan cara member makan sebelum disembelih).” (HR. Muslim)
4. Akhlak terhadap makhluk gaib
Selain Allah SWT menciptakan manusia, Dia juga menciptakan jin sebagaimana firman-Nya berikut ini.

      
Artinya: “Aku tidak menciptakan jin dan manusia melainkan agar mereka beribadah kepada-Ku”. (QS. Az-Zariyat/51:56)
Jin merupakan makhluk gaib yang harus kita imani. Perlu kita ketahui bahwa selain ada jin yang taat dan patuh kepada Allah SWT., ada pula jin yang tidak patuh dan taat kepada Allah SWT. Diantaranya iblis dan setan.
Kiat-kiat iblis dan setan dalam menggoda manusia antara lain dengan memasukkan pertentangan-pertentangan yang ada dalam kehidupan manusia ke dalam hati, kalbu, pikirn, emosi dan perasaan manusia sehingga menimbulkan perselisihan, permusuhan dan perusakan.

VII. Metode Pembelajaran
1. Ceramah
2. Diskusi
3. Penugasan

VIII. Langkah-langkah Pembelajaran
1. Kegiatan awal (10 menit)
a. Guru menkondisikan siswa untuk memulai pelajaran
b. Guru memberi salam pembuka kepada siswa
c. Ketua kelas memimpin do’a sebelum memulai pelajaran
d. Mencatat presensi siswa (mengabsen kehadiran siswa)
e. Mengulang kembali pelajaran yang lalu sebagai pemanasan
f. Guru menyiapkan peralatan yang sekiranya diperlukan
g. Guru menyampaikan materi singkat yang akan dipelajari
2. Kegiatan inti (30 menit)
a. Guru menyuruh siswa untuk memahami arti tata krama terhadap makhluk Allah
b. Guru menyuruh siswa untuk menguraikan sikap tata krama terhadap makhluk Allah
c. Guru bertanya pada siswa seputar sikap tata krama terhadap makhluk Allah untuk mengetahui seberapa jauh pengetahuan siswa
d. Guru memberi satu hadis dari salah satu tata krama terhadap makhluk Allah yaitu kepada binatang
e. Guru membagi kelompok diskusi dan menyampaikan bahan yang akan didiskusikan
f. Guru memantau jalannya diskusi
g. Siswa mempresentasikan hasil dari diskusi
h. Guru menambahi penjelasan dan mengklarifikasikan dari hasil diskusi
i. Guru menugaskan siswa mengerjakan soal untuk mengukur pengetahuan siswa tentang materi yang diberikan.
3. Kegiatan akhir (5 menit)
a. Guru menyimpulkan point-point penting dari pembelajaran tentang sikap rela berkorban
b. Ketua kelas memimpin do’a sebelun pulang
c. Guru memberi salam penutup dan memotifasi siswa untuk selalu semangat belajar.


IX. Sumber Belajar
Buku Pendidikan Agama Islam 1 Lentera Kehidupan SMA Kelas X. Hal 62-66
Margiono, Juniadi Anwar & Latifah. 2007. Pendidikan Agama Islam 1 Lemtera Kehidupan SMA Kelas X. Jakarta Selatan: Yudhistira


X. Penilaian
1. Kognisi
a. Siswa menulis hadis tentang tata krama terhadap makhluk Allah
b. Tes tertulis dengan cara pemberian soal untuk dikerjakan oleh siswa
2. Afeksi
Keaktifan siswa dalam pembelajaran
3. Psikomotor
Guru menanyakan langsung pada siswa keterkaitan antara materi yang diajarkan dengan perilakunya sehari-hari







Mengetahui,
Kepala SMA Tunas Bakti



(SRI ANDAYANI, S.Pd)


…….……..,………………………….

Guru Pendidikan Agama Islam



(PELANGI LUTFIANA, S.Pdi)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar